Seputar Hardware: Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, Jenis dan Contohnya

seorang gamer yang sedang bermain menggunakan monitor dell

Seputar Hardware: Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, Jenis dan Contohnya

Hardware? Siapa kaum millenial di indonesia yang tak mengenal istilah satu ini? hardware merupakan perangkat keras yang sangat erat kaitannya dengan komputer maupun laptop. Istilah hardware mungkin sudah sangat familiar dan tak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia komputer. Namun, bagi kalangan orang yang tidak berkecimpung di dunia komputer mungkin masih belum tahu mengenai hardware itu sendiri.

Untuk teman pembaca yang sudah mempunyai komputer ataupun sebuah laptop, mungkin akan lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan hardware maupun perangkat keras ini. namun, masih ada banyak hal yang bisa anda ketahui dari hardware. Diantaranya ada apa jenis hardware yang sering digunakan, contoh hardware, dan fungsi dari hardware itu sendiri. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita bahas mengenai pengertian dari hardware itu sendiri.

Pengertian Hardware Komputer

Apa yang dimaksud hardware? hardware atau perangkat keras adalah komponen yang berkaitan dengan komputer yang mana fisiknya dapat dilihat dan dirasakan secara langsung. Hardware juga bisa dikatakan sebagai peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, proses dari software, dan output.

Beberapa hardware yang diantaranya adalah RAM, ROM, CPU, mouse, keyboard, scanner, monitor, printer, VGA card, dan masih banyak lagi. Hardware pada umumnya adalah perangkat komputer yang mana berfungsi sebagai bentuk output dari setiap proses dari sistem operasi komputer. Untuk mendukung kinerja dari hardware tersebut, diperlukan software atau perangkat lunak tertentu guna menjalankan hardware. Dengan begitu setiap perintah yang diperintah oleh software dapat dioperasikan dengan baik oleh hardware.

Fungsi Hardware Komputer

Dari pengertian hardware tadi, dapat diketahui bahwa hardware memiliki beberapa fungsi. Fungsi hardware mencakup banyak hal. Diantaranya adalah menampilkan dan menerima input proses dari software, menghasilkan output data, mendukung kinerja komputer, serta mengolah data yang ada di dalam maupun luar komputer sendiri.

Dari fungsi umum hardware di atas tadi, di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya:

Fungsi untuk mengolah data

Fungsi yang pertama adalah hardware yang memiliki fungsi untuk mengolah ataupun memproses data serta informasi yang didapat melalui input pengguna dan software. Hal ini bertujuan untuk mengolah data dan menjalankan proses sistem komputer. Contoh dari hardware pengolah data adalah CPU, RAM, dan VGA.

Fungsi untuk menerima output

Fungsi yang kedua adalah hardware mempunyai fungsi khusus dalam menerima input dari user dan software. Dengan demikian, hardware akan memproses data tersebut menjadi informasi yang baru. Data yang diterima dari input akan diproses sehingga menjadi output.

Fungsi untuk memberi output

Fungsi yang ketiga adalah memberi output. Jika sudah terproses, hardware akan memberikan output kembali pada user. Seluruh output tadi akan bisa dilihat oleh pengguna yang ditampilkan melalui hardware lainnya. Mekanisme ini yang saling mempengaruhi antara proses output dan input.

Fungsi untuk menyimpan data

Fungsi dari hardware yang selanjutnya adalah menyimpan data. Dalam hal ini seluruh output yang dihasilkan bisa simpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari hardware. penyimpanan ini dapat terpasang pada bagian dalam komputer maupun bagian luar dari komputer.

Itulah fungsi hardware komputer yang selama ini kita pakai dalam melakukan kegiatan komputasi. Dari beberapa fungsi di atas, Anda akan semakin memahami apa itu hardware dan apa kegunaannya. Dan dibawah ini adalah beberapa contoh hardware yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

Jenis dan Contoh Hardware Komputer

Hardware dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa hardware yang dibedakan berdasarkan fungsinya

Perangkat input

Perangkat input adalah hardware yang berfungsi untuk memasukan data ataupun sebuah informasi. Hardware yang termasuk dalam perangkat input adalah mouse, keyboard, dan scanner.

Perangkat proses

Adalah hardware yang memiliki fungsi untuk mengolah data serta menjalankan perintah dari software. Hardware yang termasuk dalam perangkat proses adalah CPU, VGA, RAM, ROM, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lengkap dapat anda peroleh dari agen judi online terpercaya.

Perangkat output

Jenis hardware yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan informasi dan data yang telah diproses oleh software. Beberapa jenis hardware yang termasuk proses perangkat output adalah monitor, proyektor, printer, speaker, dan sebagainya.

Perangkat tambahan

Hardware jenis ini berguna untuk membantu komputer menjalankan perintah dari pengguna atau user. Pada umumnya, perangkat hardware ini sering disebut dengan periferal yang mana memiliki fungsi menghubungkan komputer dengan jaringan internet guna menjalankan sebuah aktivitas tertentu. Salah satu jenis hardware ini adalah modem.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang hardware di atas, sekarang Anda tentu sudah jauh lebih paham mengenai hardware. Keberadaan hardware sendiri tentu memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas manusia yang berhubungan dengan komputer. Sekian artikel ini saya buat, semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*