Jenis-jenis Hardware Beserta Contohnya

Jenis-jenis Hardware Beserta Contohnya

Hardware merupakan salah satu komponen paling penting dalam perangkat komputer. Bagi anda yang sedang atau ingin merakit komputer sendiri pasti harus mengetahui beberapa hardware yang dibutuhkan. Tak hanya mengetahui jenis-jenis nya saja namun anda juga harus mengetahui contoh-contoh hardware. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis hardware beserta contohnya yang bisa anda gunakan sebagai pandangan.

Dengan adanya penjelasan di bawah diharapkan agar nantinya bagi masyarakat yang ingin merakit komputer sendiri mengetahui dengan benar jenis-jenis hardware dan contoh-contoh hardware yang baik. Secara garis besar, hardware dapat dikelompokkan jenisnya dari macam-macam fungsinya. Dan berikut ini adalah beberapa contoh hardware yang dibedakan berdasarkan fungsinya

Perangkat Input

Jenis hardware yang memiliki fungsi untuk memasukkan informasi maupun data (fungsi input). Jenis informasi yang bisa di input hardware adalah data dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan lain sebagainya. Berikut beberapa contoh hardware yang merupakan perangkat input:

Mouse

Mouse adalah hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer. Dengan menggunakan mouse, user akan lebih mudah dalam mengoperasikan sebuah komputer. saat ini sudah ada mouse dengan koneksi wireless (tanpa kabel)

Keyboard

Keyboard adalah jenis hardware yang mempunyai fungsi guna membantu user dalam memasukkan angka, simbol, dan huruf-huruf ke dalam komputer. Keyboard juga memiliki kegunaan untuk pengetikan dan bermain game. Ada 2 jenis keyboard, rubber dome dan mechanical keyboard.

Scanner

Scanner adalah hardware input yang berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini digunakan untuk mengarsipkan dokumen yang bersifat penting.

Webcam

Webcam adalah kamera tambahan yang disematkan pada komputer. Webcam sendiri berfungsi seperti kamera pada umumnya yaitu untuk menangkap gambar user. Di masa pandemi ini, webcam sangat penting karena segala aktivitas baik itu sekolah ataupun kerja menggunakan aplikasi meeting online yang mengharuskan untuk open camera.

Perangkat Output

Adalah jenis hardware yang berfungsi dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan melalui sebuah program tertentu. Informasi tersebut berasal dari hardware input yang diproses melalui sebuah program (software) dan menghasilkan output yang mana bisa berupa foto, video, teks, audio, dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh dari perangkat output hardware:

Monitor

Adalah perangkat output hardware yang wajib ada pada rangkaian komputer. Monitor berfungsi untuk menampilkan informasi visual yang telah diproses oleh program komputer.

Printer

Printer adalah salah satu perangkat output hardware yang berfungsi mengubah softcopy menjadi hard copy. Sederhananya, printer berfungsi untuk mencetak berbagai macam dokumen dalam media kertas.

Proyektor LCD

Adalah perangkat output komputer yang berfungsi untuk menampilkan visual monitor ke obyek yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk membuat hasil visual pada monitor komputer menjadi semakin jelas.

Speaker

Adalah perangkat output hardware komputer yang berfungsi untuk menghasilkan audio.

Perangkat Proses

Perangkat proses adalah jenis hardware berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses pada sistem komputer. Berikut ini adalah beberapa komponen hardware yang termasuk dalam perangkat proses

CPU

CPU adalah otak dari komputer itu sendiri. CPU berguna untuk mengatur seluruh proses kerja yang ada pada komputer. Baik itu dalam bentuk instruksi, pengolahan, sampai menghasilkan sebuah output.

VGA

VGA adalah perangkat keras yang berfungsi memproses data grafis yang hasilnya nanti dapat ditampilkan pada layar komputer.

RAM

RAM adalah jenis hardware yang menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data komputer. Baik data dalam bentuk foto, teks, video, audio, dan banyak lagi. Berikut ini adalah contoh hardware yang termasuk dalam perangkat penyimpanan:

Hard disk

Hard disk adalah perangkat keras yang memiliki fungsi menyimpan informasi dan data dalam komputer dengan kapasitas yang cukup besar dan sifatnya tetap.

Flash disk

Flash disk adalah alat penyimpan yang memiliki konektor USB. Flash disk ini sifatnya portable dan bisa digunakan untuk memindahkan suatu data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Optical Disk

Optical disk adalah media penyimpanan data yang bisa dibaca cahaya laser.

Solid State Drive (SSD)

Solid state disk atau SSD sebenarnya adalah pembaruan dari hard disk. SSd memiliki kecepatan yang lebih baik daripada hard disk biasanya. Dan sekarang SSD juga sudah di gunakan secara merata oleh pengusaha agen Judi Online.

Perangkat Tambahan

Perangkat tambahan berfungsi untuk membantu komputer menjalankan perintah dari pengguna. Pada umumnya perangkat ini disebut dengan istilah periferal yang mana berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan internet.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah penjelasan mengenai jenis dan contoh hardware yang selama ini sering kita gunakan untuk kegiatan komputasi baik di kantor maupun dirumah. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menambah wawasan mengenai hardware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*